(Foto: Pixabay)

 

Ketika akan menginap dalam hotel rasanya yang akan ada di dalam bayangan adalah suasana sepi, mewah, dan ketenangan yang syahdu.

Namun, semua itu akan berujung menjadi bayangan mengerikan ketika tersiar berita tentang kamera yang diselundupkan, perampokan dalam hotel, dan serangkaian tindakan kriminal lainnya.

Atau yang tidak kalah mengerikan, apabila ketika sedang menginap, terjadi sebuah bencana dan kebakaran. Wah, bisa panik setengah mati, apalagi kalau sedang menginap sendirian.

Kalau sudah begitu sudah pasti harus waspada sebelum masuk ke dalam kamar hotel dan beristirahat di dalamnya. Terlebih lagi kalau hotel yang akan diinapi belum memiliki penilaian dari pihak berwenang yang mumpuni dengan persiapan bencana yang kurang memadai.

Nah, sebelum masuk ke dalam kamar, penting bagi kamu untuk mengecek keamanan terlebih dulu. Seorang mantan agen CIA, Drew Dwyer memberikan beberapa tips keamanan yang bisa dilakukan saat menginap di hotel.

Pengalaman ia tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, selama bertugas, Drew sudah mengelilingi dunia dan menginap dalam ratusan hotel di berbagai negara.

 

Apa saja tips yang ia berikan, simak yuk.

  1. Minta salinan atau fotolah peta darurat kebakaran

Peta ini biasanya tertempel di bagian belakang pintu kamar. Coba lihat dalam peta tersebut dan pelajari letak kamar kamu. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah membuat rencana melarikan diri dalam keadaan darurat.

 

  1. Hindari menginap di lantai dasar dan lantai paling atas

Sebelum booking dan melakukan check in, jangan lupa untuk memilih kamar di lantai selain lantai dasar dan lantai atas. Kenapa

Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi ke depannya. Masalahnya, jika menginap di lantai atas, akan sulit sekali akses dalam proses evakuasi apabila terjadi kebakaran atau bencana alam.

Sementara itu, apabla menginap di lantai dasar, kamar kita akan menjadi ekspos utama dan memiliki potensi yang lebih besar dalam hal tindak kejahatan perampokan dan sejenisnya.

 

  1. Maksimalkan penggunaan tanda “Do Not Disturb”

Tanda ini sudah pasti ada di setiap kamar. Nah, seringnya orang yang menginap di hotel atau jenis penginapan lainnya jarang sekali menggunakan ini meskipun tersedia.

Taukah kamu? Tanda ini ternyata bisa lho menjadi salah satu langkah keamanan yang bisa kamu lakukan saat menginap di hotel.

Setiap akan keluar meninggalkan kamar, usahakan untuk meletakkan tanda ini di depan pintu. Jadi, petugas hotel tidak akan terlalu sering masuk ke dalam kamar saat kamu tidak ada di dalamnya.

Tanda ini juga seolah menunjukkan bahwa kamar tidak kosong dan ada kamu di dalamnya. Ini jadi pengecualian apabila kamar kamu butuh dibersihkan.

 

  1. Buat suasana seperti ada orang di kamar setiap saat

Tips yang satu ini juga berhubungan dengan tips meletakkan tanda “Do Not Disturb” di depan kamar. Memang agak serupa, tapi tak sama.

Untuk membuat suasana kamar seperti selalu ada orang caranya mudah. Cukup nyalakan tv dengan suara riuh rendah. Kamu juga bisa melakukan ini saat kamu sedang berada di luar kamar.

 

  1. Biarkan gorden terbuka saat keluar ruangan

Meski pun kamu sedang tidak berada di dalam ruangan, selalu usahakan gorden terbuka. Bukan jendela yang dibiarkan terbuka, ya.

Gorden yang dimaksud di sini adalah gorden utama yang tebal. Biasanya kan ada dua helai gorden di depan jendela. Yang satu gorden tebal dan tidak tembus pandang, yang satunya lagi gorden putih yang terkadang samar-samar menampakkan orang dalam ruangan.

Dengan membiarkan gorden terbuka, seolah-olah kamar tidak dalam keadaan kosong. Selain itu, saat di luar nanti ketika kamu berjalan menuju hotel dan melihat ke arah jendela kamar, kalau ada orang lain yang masuk kamar akan langsung kamu ketahui.

 

  1. Nyalakan lampu setiap saat

Tips ini juga tidak berbeda jauh tujuannya dengan dua tips sebelumnya. Menyalakan lampu setiap saat bisa membuat kamar tampak selalu dihuni. Dengan begitu, bisa meminimalisir tindak kejahatan.

Satu catatan untuk melakukan tips ini. Pada saat tidur di malam hari kamu tidak terbiasa menyalakan lampu, kamu bisa mengakalinya dengan terus menyalakan lampu tidur dan mematikan lampu utama.

 

  1. Selalu siap sedia uang dan dokumen penting

Siapkan tas kecil yang berisi uang serta dokumen penting seperti KTP, paspor, dan lain sebagainya. Jadi, kalau ada keadaan genting yang mengharuskan kamu melarikan diri secepatnya, kamu bisa langsung menyelamatkan benda-benda penting tersebut seketika.

 

  1. Pasang alarm elektronik

Ini sangat direkomendasikan buat kamu yang memang butuh keamanan tingkat tinggi. Kamu bisa dengan mudah menemukan alarm ini dijual di toko elektronik. Pasang di gagang pintu, sehingga kalau ada orang tak diundang yang ingin masuk, kamu bisa langsung mengetahuinya.

 

  1. Letakkan senter di tempat yang mudah dijangkau

Tips terakhir adalah salah satu cara untuk mengantisipasi kalau terjadi pemadaman listrik tanpa pemberitahuan. Taruh senter di samping atau kolong tempat tidur agar mudah dijangkau.

Dari sembilan tips di atas, mana yang setidaknya pernah kamu lakukan ketika menginap di hotel? Kejadian tidak diinginkan pasti terjadi dimana pun dan kapan pun apabila sudah ditakdirkan untuk terjadi.

Tapi, tidak ada salahnya kan untuk berjaga-jaga setiap waktu. Termasuk terus terupdate dengan info tiket pesawat. Sekarang sudah tahu kan tips aman menginap di hotel. Tinggal cari promo hotel di Reservasi.com untuk dapatkan penawaran yang menggiurkan.

 

9 Tips Keamanan Saat Menginap di Hotel ala Mantan Agen CIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX590581D894402