‘Besar pasak daripada tiang’ istilah yang artinya lebih besar pengeluaran dari pemasukan atau penghasilan ini sudah seharusnya dihindari, mengingat mencari uang dewasa ini semakin sulit. Makanya banyak pakar keuangan yang mengembangkan tips mengatur keuangan.

Ann B. Diamond, konsultan finansial terkemuka telah menemukan formula dalam mengatur keuangan bagi wanita bekerja. Kenapa wanita? Sebenarnya ini berlaku sama antara wanita dan pria pekerja. Namun berdasarkan penelitian, wanita dikenal lebih boros dalam menggunakan uangnya. Nah bagi Anda para wanita pekerja, coba simak saran Ann B. Diamond berikut ini:

Buat komitmen pribadi
Bila Anda aman secara finansial, Anda memiliki kebebasan dalam menentukan pilihan hidup. Artinya Anda memiliki kebebasan dalam memanfaatkan penghasilan Anda. Namun untuk mengamankan keuangan Anda, tuliskan tujuan dan kebutuhan Anda. Cara ini akan membantu Anda memfokuskan diri pada hal-hal yang penting dalam hidup Anda.

Bereskan tagihan kartu kredit
Tunggakan kartu kredit sangatlah mahal dan tidak memberikan pengurangan pajak. Ingat kartu kredit tidak dimaksudkan sebagai perluasan pendapatan Anda, melainkan digunakan untuk hal-hal yang bersifat darurat saja dan untuk membayar dengan cara yang sistematis. Jika Anda hanya membayar keseimbangan minimum setiap bulan, Anda tidak bakal terlepas dari jerat utang. Sebelum Anda mulai berinvestasi untuk tujuan Anda, Anda mesti membayar semua tunggakan kartu kredit Anda Begitu Anda melakukan investasi, Anda akan memiliki banyak uang untuk membiayai proyek Anda.

Sesuaikan investasi
Jelaskan antara jangka pendek (kurang dari 1 tahun) dan jangka panjang (lebih dari 5 tahun). Investasi jangka pendek harus diinvestasikan dengan sarana yang kurang beresiko, seperti sertifikat deposito dan pasar uang. Untuk investasi jangka panjang dibayarkan untuk membeli saham. Jika Anda misalnya menginvestasikan US$2.000 setiap tahunnya selama 25 tahun, perbedaan jumlah yang bakal Anda peroleh antara obligasi dan saham sangat mengejutkan.

Tetapkan biaya darurat
Setelah selama 6 bulan menyelesaikan biaya-biaya tertentu (hipotek/sewa, pemakaian, rekening asuransi,dll) akan meredakan kecemasan pembayarannya jika Anda kehilangan pekerjaan atau sakit. Uang tersebut harus diinvestasikan dalam sarana-sarana seperti pasar uang, rekening tabungan, atau treasury bill.

Bila Anda membuat program investasi, gunakan ciri deposito langsung
Uang Anda secara otomatis akan dipindahkan dari rekening cek Anda ke dalam investasi. Anda tidak perlu menulis cek dan Anda tidak bakal menggunakan uang itu jika uang tersebut tidak ada dalam rekening cek Anda.

Pahami kekuatan deposito
US$2000 yang dimasukkan ke dalam rekening pensiun setiap tahunnya menghasilkan 12% akan berkembang menjadi US$35.098 dalam 10 tahun, US$144.104 dalam 20 tahun, US$482.660 dalam 30 tahun. Semakin dini Anda mulai menabung, semakin banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari deposito ini.

Jangan takut bertanya
Mulailah dengan orang yang Anda hormati (orang tua, teman, dll). Jika Anda membutuhkan saran dari ahli, mintalah referensi dari sahabat-sahabat Anda atau anggota keluarga. Jika Anda tidak kenal seorang pun, Anda bisa menanyakannya pada lembaga yang bisa memberikan pelayanan referensi.

Sadarilah bahwa tidak seorang pun yang peduli dengan uang Anda kecuali Anda sendiri. Karena itu Anda perlu memahami situasi keuangan Anda sendiri. Jika Anda masih bingung dalam memanfaatkan uang Anda, mintalah bantuan dari ahli dalam menentukan keputusan yang tepat. Dengan demikian, resiko tekor bisa Anda hindari sedini mungkin. Sehingga Anda bisa merencanakan masa depan dengan lebih baik karena kondisi keuangan yang lebih baik.

Tips Atur Keuangan Bagi Perempuan Bekerja
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX590581D894402